Tuesday, April 1, 2014

CARA TERNAK KAMBING | TERNAK KAMBING MODERN

CARA TERNAK KAMBING | TERNAK KAMBING MODERN ZTRAW.BLOGSPOT.COM
Cara ternak kambing - ternak kambing modern - Ztraw.blogspot.com.  Seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, cara konvensional sangat tidak efektif, mengingat pada zaman ini setiap orang diburu oleh waktu yang berhubungan dengan kuantitas dan kualitas.  Begitupun juga dengan cara ternak kambing.  Pada Zaman ini, cara ternak kambing berkembang dari konvensional menjadi modern.

Utamanya, inti dari ternak kambing adalah bagaimana mencari pakan, memelihara/menjaga kesehatan kambing dan kandang, sehingga kambing bisa cepat gemuk.  Tiga poin inilah yang dirubah di dalam cara ternak kambing modern, mulai dari penggantian pakan dan cara membuatnya, pemeliharaan kesehatan kambing, juga desain kandang yang lebih higienis.

Pakan Fermentasi

Dalam cara ternak kambing modern, pakan tidak lagi harus dengan 'ngarit' rumput atau di-angon dahulu.  Tinggalkan cara tidak efektif ini ! Tetapi pakan terbuat dari fermentasi. Pakan yang di-fermentasi bisa dibuat dari dua jenis yaitu, jerami kering dan debog (batang) pisang.

Dewasa ini para produsen obat-obatan berperan penting dengan para peternak kambing, bagaimana cara memanfaatkan limbah pertanian seperti jerami, dan juga debog pisang / rumput yang sedikit mengandung vitamin dapat dijadikan makanan yang menyehatkan dan menggemukkan bagi hewan ternak. Contoh kasus, biasanya para petani mempunyai sawah dan juga kambing.  Namun jerami hasil dari memanen selama ini tidak termanfaatkan, hanya menjadi tumpukan sampah yang pada akhirnya dibakar oleh para petani.

Fermentasi jerami secara mudahnya adalah proses untuk membuat jerami lapuk sehingga menambah nilai nutrisi yang baik untuk hewan ternak.  Adapun proses fermentasi jerami adalah dengan mengumpulkan jerami, menimbunya sekitar 30cm dan di siram dengan beberapa campuran bahan fermentasi, dan didiamkan selama 2 - 3 minggu, dan fermentasi jerami tersebut siap diberikan kepada kambing.  Untuk lebih lengkapnya, silahkan lihat artikel Saya tentang Cara membuat pakan kambing fermentasi.

Pembuatan kandang hewan ternak :

Dalam pembuatan kandang untuk hewan ternak kambing, kandang dibuat secara "panggung", hal ini dimaksud :
  1. Agar limbah / kotoran hewan ternak mudah dibersihkan
  2. Agar peternak bisa memanfaatkan kotoran dan air kencing kambing sehingga bisa diolah menjadi pupuk organik
  3. Kambing menjadi lebih higienis (bersih) dan sehat, karena tidak langsung bersentuhan dengan kotoran nya.
  4. Agar peternak dapat dengan lebih mudah untuk memilih serta mengelompokkan kambing berdasarkan jenis kelamin dan usia untuk keperluan proses kenaikan berat badan (penggemukan).
CARA TERNAK KAMBING | TERNAK KAMBING MODERN ZTRAW.BLOGSPOT.COM
Macam-macam kandang kambing modern

Cara ternak kambing modern seperti ini masih sedikit dipraktekkan di Indonesia, padahal hasil yang didapatkan jauh lebih maksimal bila dibandingkan dengan ternak kambing konvensional.  Oleh karena itu, pengetahuan dan penyuluhan sangat diperlukan demi kesejahteraan para peternak kambing agar beralih dari berternak kambing konvensional menjadi modern.

Demikianlah cara ternak kambing modern, mudah-mudahan bermanfaat :)

Begitulah tentang CARA TERNAK KAMBING | TERNAK KAMBING MODERN. Semoga bermanfaat untuk Anda. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan berkomentar. Dan jika Anda menyukai artikel ini, silahkan klik tombol share di bawah. Terima kasih..! ;)

  • Suka Artikel ini ? Bagikan :

2 komentar

VAZBET menyediakan promo terbaru !!!
Promo Tembak Ikan Online !!!
- Bonus Deposit Awal Member Baru 20% (minimal 100.000)
- Maksimal Bonus 500.000,-
- Minimal Deposit 25.000,-
- Ada bonus CASHBACK 10% dari jumlah WIN/LOSE per-minggu
Tunggu Apa Lagi? Ayo Join VAZBET !!!

Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
-Situs Aman dan Terpercaya.
- Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
- Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
- Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
- Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
-Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
- 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

8 Permainan Dalam 1 ID :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com

Pembaca yang baik, meninggalkan 'jejak' yang baik ^_^