Monday, March 31, 2014

Penyebab sakit pinggang dan pencegahannya

Penyebab sakit pinggang dan pencegahannya
Sakit pinggang atau disebut juga Low Back Pain (LBP) adalah rasa nyeri di bagian pinggang.  Biasanya penderita sakit pinggang atau LBP kesulitan dalam pergerakan.

Penyebab Sakit Pinggang / LBP

Penyebab terjadinya sakit pinggang / LBP bisa disebabkan banyak faktor.  Diantaranya LBP terjadi karena tekanan pada susunan saraf tepi daerah pinggang (saraf kejepit).  Gangguan ini terjadi karena gangguan pada otot dan jaringan sekitarnya, gangguan pada saraf itu sendiri, kelainan tulang belakang, ataupun kelainan di tempat lain, seperti infeksi dan batu ginjal, dll.

Ketegangan otot juga menjadi penyebab umum dari sakit pinggang / LBP.  Ini disebabkan karena gerakan pinggang yang terlalu mendadak dan berlebihan melampaui batas kekuatan otot-otot pinggang, seperti ketika berolahraga, mengangkat barang yang berat, dll.

Pencegahan Sakit Pinggang / LBP

Sesuai pepatah, " mencegah lebih baik daripada mengobati ", maka berikut adalah pencegahan terhadap sakit pinggang / LBP.
  1. Olah raga yang tertatur dengan frekuensi / intensitas yang cukup, tidak berlebihan.  Bagi yang berpotensi terkena sakit pinggang / LBP, dianjurkan untuk berenang, dan sebaiknya tidak melompak-lompat.
  2. Menghindari makanan yang mengandung banyak lemak, asam urat, dll.  Agar memperlampat terjadinya pengapuran tulang belakang.
  3. Hindari beban yang berat.
  4. Hidup teratur, mengurangi stress, dan berakhlak yang baik sesuai agama masing-masing.

Pengobatan sakit pinggang

Untuk pengobatan sakit pinggang, silahkan lihat artikel ini : obat sakit pinggang tradisional

Sekian, mudah-mudahan bermanfaat :)

Begitulah tentang Penyebab sakit pinggang dan pencegahannya. Semoga bermanfaat untuk Anda. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan berkomentar. Dan jika Anda menyukai artikel ini, silahkan klik tombol share di bawah. Terima kasih..! ;)

  • Suka Artikel ini ? Bagikan :

Pembaca yang baik, meninggalkan 'jejak' yang baik ^_^