Friday, April 4, 2014

Khasiat bunga / teh rosella

Khasiat / manfaat bunga/teh rosella - khasiat teh rosella - Ztraw.blogspot.com
Khasiat / manfaat bunga/teh rosella - khasiat teh rosella - Ztraw.blogspot.com. Bunga rosela / rosella, yang dikenal di Malaysia dengan sebutan asam paya atau asam susur, atau dikenal dengan bahasa latin Hisbiscus sabdariffa, adalah spesies bungan yang berasal dari Afrika.

Di negara asalnya, bunga rosella ini dijadikan sebagai penghias rumah, dan diseduh di saat musim dingin tiba, dan dihidangkan dengan es bila musim panas tiba, begitupun juga di Mesir.  Di Afrika juga, rosella dijadikan sebagai selai / jeli yang berasal dari kamdungan serat di dalam kelopak rosella.  Sedangkan di Sudan, rosella menjadi minuman sehari-hari yang dicampur dengan garam, merica dan tebu.  Minuman ini juga menghilangkan efek mabuk dan batuk.  Selain itu bisa dijadikan sebagai minuman diet, batuk, dll.  Bubuk biji bunga rosella pun bisa dijadikan sebagai campuran kopi.

Khasiat bunga / teh rosella

Banyak sekali manfaat / khasiat bunga rosella ini.  Diantaranya adalah :
  • Menurunkan hipertensi, asam urat, dan diabetes melitus.
  • Mencegah penyakit degeneratif seperti kanker (menghambat sel kanker), diabetes, jantung koroner, dan katarak
  • Mengurangi kolestrol jahat (LDL) dan lemak dalam tubuh (minuman diet)
  • Sebagai antioksidan, anti-hipertensi, anti-kanker, anti-depresi, antibiotik, aprodisiak (menambah gairah seks), diuretik (peluruh/pelancar air kencing), sedativ (penenang), tonik, dan menurunkan absorpsi alkohol.
  • Banyak mengandung vitamin C, vitamin A, protein esensial, kalsium, 18 jenis asam amino, dan juga mengandung legnin dan arginina yang berperan dalam proses peremajaan sel tubuh.
  • Mencegah resiko penyakit jantung (dapat mengurangi plak yang menempel pada dinding pembuluh darah)
  • Memperbaiki metabolisme tubuh dan menambah vitalitas.
  • Mencegah sariawan dan panas dalam.
  • Melancarkan dahak (bagi penderita batuk berdahak)
  • Meredakan batuk dan mencegah flu.
  • Menurunkan demam
  • Melancarkan buang air besar

Khasiat lain dari bunga / teh rosella


 Sebagai terapi hipertensi

Pemberiak ekstrak kelopak rosella 9,6 miligram anthocyanin (terbuat dari 10 gram kelopak kering dan 0.52 liter air) selama 4 minggu, dapat menurunkan tekanan darah seperti pemberian captopril 50 miligram perhari.  Terdapat penurunan tekanan darah sistolik sebesar 11,2 % dan tekanan diastolik sebesar 10,7 % setelah 12 hari teradpi rosella pada 31 penderita hipertensi sedang. (Haji Faraji, 1999)


Sebagai pengobatan asam urat dan kesehatan ginjal

Secara mekanisme di dalam darah, tingginya kadar asam urat, natrium dan kalsium secara mekanisme normal pada umumnya akan dikurangi dengan membuang kelebihan tresebut melalui ginjal.  Apabila kondisi ini (kerja ginjal yang berat) dilakukan terus-menerus dan berlangsung lama, maka akan memberatkan kerja ginjal sebagai penyaring darah dalam tubuh.  Hal ini dapat membuat ginjal terasa sakit.  

Dengan meminum rosella secara teratur, ternyata dapat menurunkan kreatinin, sitrat, tartrat, asam urat, natrium, kalsium, dan fosfat dalam urin pada 36 pria yang mengkonsumsi jus rosela sebanyak 16-24 g/dl/hari. (Kirdpon, 1994).

Masih banyak lagi khasiat bunga rosella.  Namun secara umum seperti itu.  Selamat mengkonsumsi rosella, semoga hidup menjadi lebih sehat dan bermanfaat

" Seperti itulah jika Allah SWT berkehendak, Allah lah yang menurunkan penyakit dan Allah juga lah yang menurunkan obatnya.  Kenapa banyak manusia yang sakit ? Karena banyak manusia yang tidak mencari kesembuhan, bahkan obatnya berada di sekitar kita.  "

Begitulah tentang Khasiat bunga / teh rosella. Semoga bermanfaat untuk Anda. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan berkomentar. Dan jika Anda menyukai artikel ini, silahkan klik tombol share di bawah. Terima kasih..! ;)

  • Suka Artikel ini ? Bagikan :

Pembaca yang baik, meninggalkan 'jejak' yang baik ^_^